Ujian KD, Begini Gaya Siswa Hadapi Ujian

Setelah mengikuti materi pelajaran sejak medio Juli lalu, siswa Smansa Makassar  akhirnya menempuh Ujian Kompetensi Dasar. Ujian KD dijadwalkan sampai akhir bulan ini. Ujian KD digelar untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa mampu mendalami setiap materi untuk KD yang telah diajarkan.

Konsentrasi. Siswa menyelesaikan ujian harian secara seksama.

Setiap guru bidang studi diberikan kesempatan  untuk memberi ujian KD sesuai dengan kompetensi yang telah mereka tetapkan. Media ujian pun tergantung guru bersangkutan. Guru diberikan seluasnya untuk menggunakan media ujian asal sesuai dengan kompetensi yang telah diajarkan. Ada yang menggunakan ujian lisan, essai, pilihan ganda dengan media kertas, ada juga dengan media aplikasi smartphone.

Selain tugas harian yang sifatnya kognitif, mereka juga menyiapkan tugas praktik sebagai salah satu penilaian psikomotorik.  Ujian harian Kompetensi dasar ini dijadwalkan sesuai dengan program semester yang telah ditetapkan.

Siswa sedang membuat video pembelajaran sebagai tugas praktik.
Siswa sedang melakukan proses edit video untuk tugas kelompok dengan menggunakan aplikasi iMovie via Mac, sebagian menggunakan aplikasi editing video via android.

Persiapan ujian pun mereka lakukan dengan seksama. Mereka membaca buku pelajaran yang selama ini telah mereka pelajari. Bahkan, mereka tak-canggung belajar sambil melantai di teras kelas sebelum masuk ke ruang ujian. Begitu serius.

Memantapkan materi sebelum ujian kognitif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *