Sisihkan Puluhan Tim, Tim Debat Smansa Raih Juara 3 di HSDC

Setelah beradu gagasan dengan  puluhan tim yang berlomba untuk mendapatkan gelar juara, tim debat bahasa Inggris Siswa SMAN Makasar yang ikut ambil bagian dalam lomba tersebut akhirnya sukses menyabet juara. Tim debat yang tergabung dalam Smansa English Conversation Club (SECC) itu berhasil menyabet juara 3 setelah menyisihkan puluhan tim lainnya.

para peserta HSDC di Universitas Hasanuddin

Lomba  yang digelar oleh Hasanuddin School Debating Championship (HSDC) 5-8/9 lalu itu merupakan lomba debat bahasa Inggris tingkat provinsi . Lomba tersebut diikuti oleh 22 tim dari berbagai sekolah se Sulawesi Selatan. Bukan hanya itu, Achmad Fariz Andrian M, salah satu anggota tim tersebut,  berhasil keluar sebagai Top  10 Best Speakers.

Meskpin hanya meraih juara ke-3, pencapaian tersebut merupakan sebauh prestasi tersendiri. Atas pencapaian itu, mereka mendapatkan uang pembinaan   53 dollar, piala, serta sertifikat. Diharapkannya, dengan prestasi tersebut bisa memudahkan langkah mereka untuk menuju ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Debut SECC memang getol membina siswa smansa dalam ajang perlombaan. Bukan hanya pembina, alumni dan senior dari SECC ini juga terlibat aktif dalam melatih siswa Smansa dalam adu ketangkasan argumentasi itu.

Derap HSDC

Hasanuddin School Debating Championship (HSDC) merupakan kegiatan yang digelar oleh Unit Kegiatan Mahasiswa DBI Universitas Hasanuddin. HSDC merupakan kompetisi debat yang melibatkan siswa sekolah menengah atas yang digelar setiap tahun dengan melibatkan siswa se Sulawesi. HSDC digelar melihat perlunya proliferasi dan pengembangan debat bahasa Inggris di kalangan siswa SMA di Sulawesi Selatan. Saat ini HSDC telah menjadi media untuk meningkatkan dan mengasah kemampuan debat bahasa Inggris para siswa SMA se-Sulawesi.

Sabet Juara Debat Bahasa Inggris dalam Event 7th Flight SMAN 5 Makassar

sang juara

Sebelumnya, Awal Agustus lalu,  dengan tim yang sama, mereka juga berhasil menyabet terbaik kedua dalam  Lomba Debat Bahasa Inggris yang digelar oleh  SMAN 5 Makassar. Bahkan, Achmad Fariz Andrian M dan Azzam Akram yang merupakan anggota tim, juga meraih predikat yang sama sebagai pembicara terbaik.

Aksi Filza Syafiqa Putri Estiko saat membaca berita.

Dalam lomba berbeda, siswa Smansa  juga menyabet juara 2 dalam lomba Newscasting/Membaca Berita.

Achmad Fariz Andrian mencoba mematahkan argumentasi lawan debatnya.

Mereka yang Juara:

  • Juara 3 lomba Debat Bahasa Inggris HSDC :  Siti nurhaliza (XII MIPA 1), A Achmad Fariz Andrian M (XII MIPA 2), dan Azzam Akram (XII MIPA 4)
  • 10 Pembicara terbaik: Siti Nurhaliza dan A.Achmad Fariz Andrian M
  • Juara 2 Lomba Debat Bahasa Inggris 7th Flight:  oleh Azzam Akram(XII MIPA 4) dan A Achmad Fariz Andrian M (XII MIPA 2)
  • Pembicara terbaik Lomba Debat Bahasa Inggris: Azzam Akram (XII MIPA 4)
  • Juara 2 Newscasting (menyiar berita):  Filza Syafiqa Putri Estiko.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *