Diterapkannya Single Sign On SNMPTN, Siswa Kelas XII Diberi Pembekalan

Ada beberapa perubahan sistem pada penerimaan SNMPTN 2020 ini , salah satunya adalah diterapkannya Singel Sign On (SSO), teknologi yang mengizinkan pengguna jaringan hanya dengan menggunakan satu akun pengguna saja. Dalam sistem jalur masuk PTN tahun 2020 tersebut,  siswa harus mendaftarkan diri agar memiliki akun LTMPT sebagai media pendaftaran dan informasi SNMPTN dan SBMPTN. Registrasi akun LTMPT ini dimulai  2 Desember sampai 7 Januari.

Untuk menyosialisasikan perubahan sistem tersebut, Wakil Kepala Sekolah Bagian kurikulum SMAN 1 Makassar, Dra. Hj. Arifah, memberi pembekalan kepada siswa kelas XII sebagai calon peserta SNMPTN 2020, 4/11. Ia memberi pengarahan sistem pendaftaran dan mekanisme SNMPTN yang yang tahun ini mengalami perubahan. Ia juga menkankan aga siswa melakukan pendaftaran akun tersebut sebelum Januari 2020 agar tidak mengalami masalah akibat adanya error access.

Selain hal di atas, hal  baru juga  terjadi pada pemeringkatan siswa sebagai calon peserta SNMPTN. Untuk pemeringkatan siswa  tahun ini dilakukan oleh pihak sekolah, sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi, yakni sekolah akreditasi A 40%, akreditas B 25%, akreditas C dan sekolah lainnya 5%, yang merupakan siswa terbaik di sekolahnya.

Sementara itu, untuk jalur UTBK 2020, pun mengalami perubahan. Bila sebelumnya peserta UTBK bisa mengikuti dua kali tes, maka tahun ini peserta hanya diperbolehkan mengikuti satu kali tes saja. Peserta juga diperkenankan mengikuti salah satu kelompok tes yang dibuka yakni Saintek, Soshum, dan Campuran.

Dijadwalkan, registrasi akun SNMPTN dibuka tanggal 2 DEsember 2019 sampai 7 Januari 2020, sementara registrasi akun LTMPTN untuk SBMPTN dibuka 7 Februari sampai sampai 5 April 2020.

Untuk pendaftaran UTBK dibuka 30 Maret sampai 11 April 2020. Pelaksanaan Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) digelar 20-26 April 2020. Hasil UTBK yang telah dikerjakan akan menjadi dasar pendaftaran peserta SBMPTN untuk memilih jurusan yang diinginkannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *