SEKILAS INFO
: - Kamis, 18-04-2024
  • 8 bulan yang lalu / Selamat bertanding bagi peserta PORSENI SMAN 1 Makassar Tahun 2023. Tetap junjung jiwa sportifitas.
  • 9 bulan yang lalu / Selamat datang siswa-siswi baru SMAN 1 Makassar Tahun Ajaran 2023/2024
FASHION SHOW BUSANA JEPANG, WARNAI PAGELARAN SENI SMANSA

Fashion show busana Jepang menjadi pemandangan berbeda dalam Pagelaran Seni Sman 1 Makassar yang digelar Sabtu, 29 Februari 2020. Dalam fashion show itu, siswa Smansa mengenakan baju khas pelajar Jepang dan baju tradisional Jepang.

Pertunjukan itu menjadi warna tersediri dalam rangkaian acara pagelaran seni tersebut yang memang salah satu agendanya adalah fashion show baju tradsional. Yang lebih menarik, pembina sekaligus guru bahasa Jepang Smansa, Sensei Megawati, tak mau ketinggalan. Dengan pakaian tradisional Jepang yang ia kenakan, ia tak mau kalah dengan siswa model fashion show dengan berlenggak di atas catway.

Sensei Megawati bersama siswanya memeragakan pakaian khas Jepang

Dalam pagelaran busana itu juga didampingi salah seorang guru yang diutus langsung dari Jepang, Miwa. Di kelas, ia lebih dikenal dengan sebutan Miwasensei. Dalam bahasa Jepang, Sensei memiliki arti ‘guru’ sehingga siswa menyebutnya Miwasensei, artinya guru Miwa.

Miwasensei menjelaskan bahwa siswa(i) SMA di Jepang memiliki dua tipe seragam. Ada sekolah yang memakai seragam Se-ra- fuku  untuk siswi dan Gakuran untuk siswa. Ada juga sekolah yg memakai bure-za (blazer).

Seragam tersebut dipakai selama lima hari sekolah dalam sepekan. Yang diganti hanya kemeja dalam saja. Seragam musim panas dan musim dingin pun berbeda.

Dibalik keunikan baju sekolah seragam Jepang itu, Miwasensei memiliki pandangan tersendiri perihal seragam sekolah yang ada di Indonesia khususnya di Smansa. Ia menyatakan bahwa seragam sekolah di Indonesia lebih variatif dan tidak monoton. Setiap hari berbeda.

Di Smansa sendiri setiap hari Rabu siswa wajib mengenakan baju batik sekolah. Hal itu yang membuat dia memiliki rasa senang tersendiri dengan harmonisasi pakaian sekolah tersebut.

“Sangat senang melihat seragam siswa SMA di Indonesia yg beranekaragam, tidak monoton,  khususnya di Smansa Makassar yang memiliki seragam batik lontara yg didesain khusus untuk siswa,”ungkapnya seperti dilansir dari tulisan Megasensei di halaman facebooknya. (rw)

TINGGALKAN KOMENTAR

Data Sekolah

SMA Negeri 1 Makassar

NPSN : 40312010

Jl. G. Bawakaraeng No.53, Gaddong
KEC. Kec. Bontoala
KAB. Kota Makassar
PROV. Sulawesi Selatan
KODE POS 90111
TELEPON 0411-3624440
FAX 0411-332220
EMAIL info@sman1mks.sch.id

Arsip

Maps Sekolah