Digelar Live, MPLS Smansa 2021 Berlangsung 5 Hari

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMAN 1 Makassar berlangsung secara daring yang digelar  selama 5 hari. Kegiatan yang merupakan agenda wajib ini diikuti lebih dari 300 siswa baru secara online.

Kepala Sekolah, Andi Fasdillah, S. S.Pd.,M.Pd., saat memberikan sambutannya pada pembukaan MPLS mengungkapkan bahwa MPLS ini merupakan media dan wadah para siswa baru untuk mengenal lebih awal apa dan seperti apa SMAN 1 Makassar tersebut. Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan penanaman pohon yang dilakukan dipelataran halaman belakang Smansa. Materi dimulai oleh Drs. Basri, M.Pd dengan bahasan Satuan Pendidikan Aman Bencana.

Pada hari kedua, materi pertama dibawakan langsung oleh Kepala sekolah, Andi Fasdillah dengan membawakan materi selayang pandang SMAN 1 Makassar. Materi ini menjelaskan mengenai awal muawal SMAN 1 Makassar hadir di Makassar hingga detik ini. Ia juga menjelaskan gedung Smansa yang telah dirobohkan 2019 silang bakal kembali dibangun dengan konsep modern dan akan menjadi gedung percontohan untuk sekolah ramah lingkungan.

Materi dilanjutkan oleh Ernawati Nur, S.Pd., M.Pd dengan pokok bahasan Kebijakan Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan di Masa Pandemi Covid-19.

Pada hari ketiga, materi dilanjutkan dengan pembahasan bahaya Narkoba yang dibawakan oleh Masniari, S.Pd, M.T, yang menjelaskan bahaya narkotika dan zad aditif lainnya. Materi dilanjutkan dengan pokok bahasan Korupsi yang dibawakan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Dra. Nurjannah, M.H. Setelah itu materi Profil Pelajar Pancasila dibahas oleh Wakil Kepala sekolah Bidang Kesiswaan, Mustari, S.Pd.,MM.

Di hari keempat materi dilanjutkan dengan pembahasan Pendidikan Keluarga & Pelibatan Orang Tua Peserta Didik, yang dibawakan oleh Ima Nurmiati, S.Pd.,M.Pd, dan Dra. Rosniati, M.M dan  Megawati, S.Pd. Meteri dilanjutkan dengan pembahasan Nilai – Nilai Budaya & Kearifan Lokal Sulawesi Selatan yang dibawakan oleh Drs. Tamba S.,M.Pd.

Pada hari kelima, giliran OSIS dan MPK SMAN 1 Makassar yang tampil memperkenalkan profil organisasinya. Ada 12 Organisasi Ekstrakurikuler yang diperkenalkansecara live dan dengan menggunakan media video. dilanjut dengan materi Pembiasaan Ibadah yang dibawakan oleh Muh Said.

Dihari yang sama juga MPLS SMAN 1 Makassar ditutup dengan ditandai dengan pemakaian baju batik identitas Smansa sebagai tanda bahwa peserta didik baru yang lulus masuk Smansa resmi diterima.

 

Ketua panitia MPLS, Mustari S.Pd.,M.Pd menjelaskan bahwa peserta MPLS ini diikuti oleh 369 peserta didik yang terdiri dari 12 gugus. (rw)

 

Simak Videonya di sini:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *