SEKILAS INFO
: - Selasa, 20-09-2022
  • 2 bulan yang lalu / Kelas X Tahun Ajaran 2022/2023 menggunakan Kurikulum Merdeka
  • 2 bulan yang lalu / Selamat Datang Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2022/2023 di SMAN 1 Makassar. Tetap semangat belajar meraih cita-cita.
Donor Darah dan Peduli Guru IKA SMANSA Makassar

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Ketua PMI Makassar Syamsu Rizal, mengungkapkan jika saat ini PMI Kota Makassar menjadi koordinator wilayah regional VI yang menjadi 232 unit transfusi darah di seluruh Indonesia Timur.

“Jadi stok darah di PMI Makassar itu bukan hanya untuk Kota Makassar tetapi untuk seluruh UTD di Indonesia Timur,” kata Deng Ical sapaan akrab Ketua PMI Makassar, saat menghadiri rangkaian 1 dekade Smansa dan donor darah peduli guru, di halaman SMAN 1 Makassar, Sabtu (30/10/2021) kemarin.

Menurutnya, dalam perhari itu kebutuhan stok darah yang harus di siapkan di PMI Makassar untuk membackup 232 UTD di seluruh Indonesia Timur.

“Jadi setiap hari itu kami mengirim darah kalau ada yang kosong. Kemarin itu kita mengirim di Ambon, Jayapura, Manado dan daerah lainnya,” ucapnya.

Lanjut dia menuturkan bahwa PMI Makassar menjadi satu satunya UTD di Indonesia Timur yang mengadopsi standar CPOB dari BPOM dengan standar WHO.

“Sehingga mutu dari standar darah yang dicetak di PMI Makassar itu betul betul sudah berstandar internasional,” kata Deng Ical.

“Kadang ada yang bilang bahwa kenapa di PMI Makassar itu kalau kita butuh darah menungguki 45 menit karena memang standarnya adalah tidak boleh ada residu, virus, bakteri dan beberapa faktor yang bisa membahayakan pasien penerima darah tersebut,” tambahnya.

Selain itu, Wakil Wali Kota Makassar 2014-2019 ini juga mengaku banyak mendapat pertanyaan dari masyarakat terkait orang yang ingin mengambil stok darah di PMI harus membayar.

“Kenapa kalau kita mendonor di PMI tidak di bayarki, sedangkan kalau kita yang butuh darah harus mengeluarkan uang 325 ribu untuk satu kantong darah,” ujarnya.

“Padahal kalau kita yang donor cuman dikasih vitamin, susu dan biskuit. Sebenarnya itu bukan harga darahnya, tetapi itu adalah biaya pengganti pengolaan darah (BPPD), yang setiap kantong darah dibutuhkan biaya 540 ribu rupiah persatu kantong darah,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana 1 Dekade Smansa, DR Apiaty Amin Syam mengatakan kegiatan 1 dekade smansa selain menjalin silaturrahmi antar alumni, juga bertujuan untuk membantu ketersediaan stok darah di PMI Makassar.

“Karena kita tahu PMI sangat diharapkan dalam memenuhi permintaan stok darah dari masyarakat. Maka dari itu kami buat salah satu program donor darah ini untuk membantu PMI,” tuturnya.

Sementara Kepala Sekolah SMAN 1 Makassar Andi Fasdillah Saparang, S.Pd, M.Pd  mengatakan, donor darah ini bukan hanya semata mata membantu PMI secara sukarela tetapi juga bermanfaat bagi kita sendiri.

“Karna dengan mendonor darah bisa membuat tubuh kita semakin sehat dan bugar, juga bermanfaat membantu masyarakat yang membutuhkan,” katanya.

Dalam rangkaian kegiatan 1 dekade Smansa ini tidak hanya kegiatan donor darah tapi juga diadakan pemeriksaan kesehatan

Video Kegiatan

TINGGALKAN KOMENTAR

Data Sekolah

SMA Negeri 1 Makassar

NPSN : 40312010

Jl. G. Bawakaraeng No.53, Gaddong
KEC. Kec. Bontoala
KAB. Kota Makassar
PROV. Sulawesi Selatan
KODE POS 90111
TELEPON 0411-3624440
FAX 0411-332220
EMAIL info@sman1mks.sch.id

Arsip

Maps Sekolah